Senin, 29 Februari 2016

Wisata Goa Pindul

Berawal dari rencana pergi ke shopping Jogja cari buku sekalian ngajak salah satu teman jalan-jalan karena dia mau balik ke kampung halamannya di Maninjau, Sumatra Barat. Selasa (16-2-16) kami mengunjungi obyek wisata Goa Pindul. Obyek wisata ini memang sedang ngehit banget. Banyak yang menyebutnya sebagai surga tersembunyi di Jogja, The Hidden Paradise of Jogja. Awalnya kami bertiga saja, tapi akhirnya jadi bersebelas. Selain yang dari Maninjau, ada satu lagi dari luar Jawa yang juga akan mudik. Dia dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jadi ceritanya jalan-jalan sambil perpisahan dengan mereka berdua.

Wisata Goa Pindul
Wisata Goa Pindul
Berangkat dari asrama kesayangan kami di Wates sekitar pukul 8 pagi, kami sampai di lokasi obyek wisata Goa Pindul sekitar pukul 10 pagi. Goa Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Saat masuk lokasi, kami kena biaya retribusi per orang Rp 5000. Awalnya malah Rp 10.000, tapi dapat potongan kata orang yang mengantar kami sampai lokasi. Katanya sih orang ini termasuk pengelola, tapi tidak resmi.

Goa pindul adalah goa bawah tanah dengan aliran sungai yang tenang di sepanjang lorong. Untuk menikmati wisata ini, kami dikenai tarif Rp 35.000 per orang. Wisata ini dikenal dengan nama Cave Tubing Pindul. Cara menikmati wisata ini adalah dengan menyusuri sepanjang lorong dengan menggunakan peralatan khusus yang telah disediakan pengelola, yaitu ban dalam besar dan jaket pelampung. Ban dalam besar tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan diberi pengait berupa tali menyilang di tengah yang berfungsi sebagai tempat duduk di atas air. Sementara jaket pelampung dipakai seperti rompi dengan ukuran tertentu yang mampu membuat si pemakai tetap mengambang di permukaan air. Jadi, jika Anda tak jago berenang, tak perlu kuatir tenggelam.

Goa Pindul
Sudah siap menyusuri Goa Pindul, foto dulu  
Goa pindul memiliki panjang kurang lebih 350 meter. Penyusuran dapat ditempuh sekitar 45-60 menit, tergantung situasi dan keinginan pengunjung sendiri. Kalo kebanyakan selfie ya semakin lama. Lebar antar dinding rata-rata 4 meter, ketinggian dari permukaan air dengan dinding atas sekitar 5 meter, dan katanya pemandu kami, kedalaman air bisa mencapai 12 meter. Jadi, pastikan pelampung Anda selalu terpakai. Jangan kuatir juga, goa ini tidak ada buayanya. Apalagi naga.

Goa pindul memang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Sepanjang penyusuran goa ini, Anda akan menyaksikan beberapa stalagtit dan stalagmit, dari yang ukuran kecil-kecil sampai ukuran besar. Yang terbesar namanya Batu Soko Guru. Stalagtit ini konon katanya adalah yang terbesar ke-4 di dunia. Panjangnya mencapai 7 meter. Soko artinya tiang penyangga, guru artinya bukit. Jadi Soko Guru artinya tiang penyangga bukit yang ada di atas Goa Pindul. Kata pemandunya juga, goa ini punya beberapa mitos. Misalnya, bebatuan yang ada di dalam goa bisa membuat pengunjung jadi lebih perkasa dan awet muda. Percaya nggak percaya ya. Namanya juga mitos.

Wisata Goa Pindul
Masuk goa, makin gelap. Bapak-bapak itu pemandu kami
Selama penyusuran goa ini, Anda juga akan memasuki yang namanya zona kelelawar. Ini adalah zona terpanjang dimana ada banyak kelelawar kecil tinggal di sini. Namun, Anda tak perlu takut. Pemandunya bilang, kelelawar-kelelawar ini jinak dan tidak pernah menyerang manusia. Buktinya kami tidak diserang siang itu. Aman terkendali.

Cave Tubing
Ngeliatin kelelawar di dinding-dinding atas
Sebelum sampai di pintu keluar, kami semua turun dari ban untuk melompat dari atas bebatuan dan berfoto-foto. Oh ya, kami sarankan Anda untuk memakai jasa fotografer selama di Goa Pindul. Di sana sudah ada mas mas yang akan menawarkan jasa foto kok. Jadi tak perlu bawa dari luar. Satu lokasi wisata bayarnya Rp 100.000. Daripada foto-foto sendiri, ribet dan kasihan yang ngambil foto. Kalo pakai jasa fotografer, hasilnya banyak dan bagus-bagus. Anda jadi bisa fokus menikmati tempat wisatanya sambil bermain air sepuasnya.

Cave Tubing Pindul
Bisa berenang. Bisa juga lompat-lompat. Seru deh
Setelah puas menikmati wisata Goa Pindul, kami langsung lanjut ke destinasi yang kedua, yaitu penyusuran Sungai Oyo atau sering disebut dengan River Tubing Oyo. Katanya sih ini juga merupakan destinasi andalan yang tak kalah seru dengan Goa Pindul. Seperti apa? Tunggu cerita selanjutnya. To be continued.

Goa Pindul
Sudah di luar goa. Mau siap-siap wahana selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar